Program yang Digunakan dalam Pembangunan SIstem

PHP

Pemrograman PHP yang merupakan pemrograman berbasis web, pengertian menurut PHP.net yaitu sebagai berikut :
“PHP (recursive acronym for PHP: Hypertext Preprocessor) is a widely-used open source general-purpose scripting language that is especially suited for web development and can be embedded into HTML.” (PHP.net, 2001-2015).
PHP singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor yang digunakan sebagai bahasa script server-side dalam mengembangan Web yang disisipkan pada dokumen HTML. (Kasiman Peranginangin, 2006:2).

CSS

CSS merupakan singkatan dari Cascading Style Sheets, yaitu sebuah bahasa berbasis text yang digunakan untuk memformat tampilan dari halaman web yang dibuat dengan HTML, misalnya dalam hal pewarnaan, ukuran, posisi dsb.
CSS digunakan dalam kode HTML untuk menciptakan suatu kumpulan style yang terkadang dapat digunakan untuk memperluas kemampuan HTML, sebagai contoh, kode HTML murni tidak memungkinkan untuk untuk mengatur ukuran font yang diterapkan pada setiap sel dan bahkan tag <BASEFONT> pun tak berpengaruh pada sel-sel tabel (Abdul, 2003).

Framework Bootstrap

Salah satu CSS Framework yang cukup populer adalah Bootstrap. Bootstrap adalah salah satu css framework open source untuk membuat design website dan design aplikasi web. Slogan dari framework ini adalah “Sleek, intuitive, and powerful front-end framework for faster and easier web development”, yang berarti kita dapat mendesain sebuah website dengan lebih rapi, cepat dan mudah. Bootstrap menyediakan komponen berupa layout tampilan, form, button dan typography.
Bootstrap, awalnya bernama Twitter Blueprint, dikembangkan oleh Mark Otto dan Jacob Thornton di Twitter sebagai kerangka kerja untuk mendorong konsistensi di alat internal. Sebelum Bootstrap, berbagai perpustakaan yang digunakan untuk pengembangan antarmuka, yang menyebabkan inkonsistensi dan beban pemeliharaan tinggi.Bootstrap kompatibel dengan versi terbaru dari Google Chrome , Firefox , Internet Explorer , Opera , dan Safari browser, meskipun beberapa browser ini tidak didukung pada semua platform. Sejak versi 2.0 juga mendukung desain web responsif . Ini berarti tata letak halaman web menyesuaikan dinamis, dengan mempertimbangkan karakteristik dari perangkat yang digunakan (desktop, tablet, ponsel). Dimulai dengan versi 3.0, Bootstrap mengadopsi desain ponsel-pertama filsafat, menekankan desain responsif secara default. Versi 4.0 alpha release menambahkan Sass dan flexbox dukungan. Bootstrap adalah open source dan tersedia di GitHub. Pengembang didorong untuk berpartisipasi dalam proyek dan membuat kontribusi mereka sendiri untuk platform.

Basis Data

Pengertian antara basis dan data (Yakub, 2012:51) menjelaskan pengertian akan keduanya yaitu sebagai berikut  :
Basis dapat diartikan sebagai markas atau gudang, tempat bersarang atau berkumpul. Sedangkan data merupakan representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, siswa, pembeli, pelanggan), barang, hewan, peristiwa, konsep keadaan dan sebagainya yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, text, gambar, bunyi atau kombinasinya.
Setelah mengetahui pengertian basis dan data, (Yakub, 2012:51) menjelaskan pengertian Basis Data (Database) yaitu sebagai berikut :
Basis Data (database) merupakan kumpulan data yang saling berhubungan (punya relasi). Relasi biasanya ditujukkan dengan kunci (key) dari tiap file yang ada. Dalam satu file terdapat record-record yang sejenis, sama besar, sama bentuk, yang merupakan satu kumpulan entitas yang seragam. Satu record terdiri dari field-field yang saling berhubungan dan menunjukkan dalam satu pengetian yang lengkap dalam satu record.

MySQL

Database MySQL adalah suatu database yang menggunakan format standar SQL dengan lisensi open source, tersedia secara cuma-cuma. MySQL berkerja pada berbagai sistem operasi dan banyak bahasa pemrograman. MySQL berkerja dengan cepat dan baik walaupun data yang dikerjakan cukup besar. (Kasiman Peranginangin, 2006:389).

PhpMyAdmin

PhpMyAdmin MySQL menurut (PhpMyAdmin.net, 2003-2015) merupakan sebuah DBMS yaitu sebagai berikut :
PhpMyAdmin is a free software tool written in PHP, intended to handle the administration of MySQL over the Web. phpMyAdmin supports a wide range of operations on MySQL, MariaDB and Drizzle. Frequently used operations (managing databases, tables, columns, relations, indexes, users, permissions, etc) can be performed via the user interface, while you still have the ability to directly execute any SQL statement.

XAMPP Control Panel

XAMPP adalah suatu server localhost yang berjalan pada sistem operasi secara local, menurut Apache Friends menjelaskan yaitu sebagai berikut :
XAMPP is a completely free, easy to install Apache distribution containing MySQL, PHP, and Perl. The XAMPP open source package has been set up to be incredibly easy to install and to use.” (Apachefriends.org, 2015).

UML

Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah bahasa yg telah menjadi standar dalam industri untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem piranti lunak. UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model sebuah sistem yang akan di rancang. (Sri Dharwiyanti, 2003:2).
Standarisasi sebuah bahasa pemodelan untuk membangun perangkat lunak yang di bangun menggunakan teknik pemrograman berorientasi objek. (Rosa A.S & M. Shalahudin, 2013:137).
Pengertian UML menurut official site UML yang menjelaskan UML itu bukan hanya struktur aplikasi namun bisa mencakup bisnis proses dan data struktur, berikut penjelasan UML yaitu sebagai berikut :
The Unified Modeling Language™ - UML - is OMG's most-used specification, and the way the world models not only application structure, behavior, and architecture, but also business process and data structure. “ (www.uml.org, 2014).
Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar apabila artikel ini bermanfaat. Terimakasih