Contoh SIM dan Penerapannya

Selamat malam sobat cyber ^_^, pada postingan kali ini masih melanjutkan dari artikel yang sebelumnya ya. Masih dalam Konsep Sistem Informasi Manajemen. Dan untuk kali ini yang akan saya bahas adalah tentang Apa saja contoh dari Sistem Informasi Manajemen dan Contoh Penerapan yang bisa dilakukan didalam SIM dalam proses Manajerial, tak perlu berlama-lama lagi. Bisa langsung dibaca artikel dibawah ini.

Contoh-contoh Sistem Informasi Manajemen


SIM merupakan kumpulan dari sistem informasi:
  • Sistem informasi akuntansi (accounting information systems), menyediakan informasi dan transaksi keuangan. 
  • Sistem informasi akademik (academic information systems), menyediakan informasi tentang proses pendidikan yang sedang berjalan di suatu akademi/sekolah/perguruan. 
  • Sistem informasi pemasaran (marketing information systems), menyediakan informasi untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan-kegiatan penelitian pasar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran. 
  • Sistem informasi manajemen persediaan (inventory management information systems). 
  • Sistem informasi personalia (personal information systems). 
  • Sistem informasi distribusi (distribution information systems). 
  • Sistem informasi pembelian (purchasing information systems). 
  • Sistem informasi kekayaan (treasury information systems). 
  • Sistem informasi analisis kredit (credit analysis information systems). 
  • Sistem informasi penelitian dan pengembangan (research and development information systems). 
  • Sistem informasi analisis software 
  • Sistem informasi teknik (engineering information systems). 
  • Sistem informasi Rumah Sakit (Hospital information systems). 

Penerapan Sistem Informasi Manajemen dalam Proses Manajerial
Sistem Informasi Manajemen kini tidak lagi berkembang dalam bidang usaha saja, tapi sudah digunakan dalam berbagai bidang, dari mulai pendidikan, kedokteran, indistri, dan masih banyak lagi. Ini menandakan bahwa Informasi yang akurat dan cepat dibutuhkan di berbagai bidang.

Ada banyak teknologi yang mendukung SIM baik secara online atau offline. Tapi dasar dari aplikasi yang digunakan pada Sistiem Informasi Manajemen adalah aplikasi databese. sistem ini harus mampu mengolah data yang dikumpulkan pada database menjadi sebuah produk informasi yang dibutuhkan penggunanya. Sistim ini juga harus bisa membagi informasi yang diproduksinya menjadi beberapa tingkatan, sehingga setiap tingkatan hanya mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Pada sebuah Instansi, manajemen selalu terlibat dalam serangkaian proses manajerial, yang pada intinya berkisar pada penentuan: tujuan dan sasaran, perumusan strategi, perencanaan, penentuan program kerja, pengorganisasian, penggerakan sumber daya manusia, pemantauan kegiatan operasional, pengawasan, penilaian, serta penciptaan dan penggunaan sistem umpan balik. Masing-masing tahap dalam proses tersebut pasti memerlukan berbagai jenis informasi dalam pelaksanaannya.

Dari artikel diatas yang mencontohkan beberapa penerapan yang bisa dilakukan didalam SIM. Sebenarniya masih banyak sekali penerapan yang bisa dilakukan di dalam Sistem Informasi Manajemen. Apabila ada yang mau menambahkan bisa Comment.

Terimakasih sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat. Ditunggu kunjungannya kembali untuk tau kelanjutan dari artikel menarik lainnya seputar Sistem Informasi Manajemen.
Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar apabila artikel ini bermanfaat. Terimakasih